Monday, January 7, 2013

HOMER ABAD KE-8 SM























HOMER ABAD KE-8 SM
(Tokoh Penulis Sajak Abad ke -8)

Pengaruh Homer terhadap para pengarang Romawi kuno sangatlah besar. Homer berasal dari Ionia, daerah timur laut Aegea. Hanya saja berabad-abad lamanya pertentangan pendapat mengenai hak cipta sajak-sajak Homer. Di Yunani karya Homer begitu akrab denganpenduduk umum dan dalam masa yang panjang sekali mempengaruhi sikap agama dan etika. Odyssey dan Lliad terkenal bukan semata di kalangan sastrawan intelektual tetapi juga kalangan militer dan pemuka-pemuka politik juga. Banyak pemimpin Romawi lama mengutip Homer, malahan Alexander Yang Agung mengempit salinan Lliad diketiaknya selama bertempur.

Lebih penting lagi pengaruh Homer terhadap kesusasteraan. Semua penyair-penyair Yunani klasik dan penulis-penulis drama amatlah terpengaruh Homer. Tokoh-tokoh seperti Sophocles, Euripides dan Aristoteles terbenam dalam tradisi Homer.

Pengaruh Homer terhadap para pengarang Romawi kuno jelas besarnya. Semua menerima sajaknya sebagai ukuran kesempurnaan. Tatkala Virgil menulis karya besarnya Aeneid , dengansadar dan atas keyakinan sendiri menyontoh kehebatan Lliad dan Odyssey.

No comments:

Post a Comment