Wednesday, January 9, 2013

JAMES CLERK MAXWELL 1831-1879























JAMES CLERK MAXWELL 1831-1879
(Fisikawan Inggris Yang Menjelaskan Hubungan Hukum Dasar Listrik dan Magnit)

James Clerk Maxwell lahir di Edinburgh, Skotlandia tahun 1831. Masuk Universitas Edinburgh dan tamat  di Universitas Cambridge. Usia 15 tahun sudah mampu membuat kertas kerja ilmiah kepada Edinburgh Royal Society.

Sebelum Maxwell, tidak ada satupun dari hukum-hukum dasar listrik dam magnit itu merupakan satu teori terpadu. Maxwell berhasil menjabarkan secara tepat perilaku dan saling hubungan antara medan listrik dan magnit. Selain itu Maxwell juga menyimpulkan bahwa cahaya adalah merupakan gelombang elektromagnetik.  Yang secara tidak langsung merupakan hukum optik.

Selain bidang listrik dan magnit, Maxwell juga menyumbangkan pikirannya di bidang lain seperti astronomi dan termodinamika dan menghasilkan rumus yang disebut  “Penyebraba Maxwell” yaitu menunjukan bagian terkecil molekul bergerak (dalam suhu tertentu) pada kecepatan tertentu pula.

Maxwell menikah tetapi tidak punya keturunan. Kariernya yang cemerlang berakhir terlampau cepat karena dia meninggal dunia tahun 1879 akibat serangan kanker setelah merayakan ulang tahun yang ke-48.

No comments:

Post a Comment