Monday, December 3, 2012

CHARLEMAGNE 742-814























CHARLEMAGNE  742-814
(Pendiri Kekaisaran Romawi/Charles Yang Agung)

Charlemagne lahir tahun 742 dekat kota Aachen. Ayahnya bernama Pepin si Cebol dan kakeknya Charles Martel seorang pemuka bangsa Frank. Tahun 751 Pepin dinyatakan sebagai raja bangsa Frank dan mendirikan dinasti baruyang disebut Carolingian, sesudah Charlemagne. Tahun 768 Pepin meninggal dunia dan kerajaan bangsa Frank di bagi antara Charles dan saudaranya Carloman. Tapi Carloman meninggal tahun 771 sehingga Charles jadi Raja tunggal di umur 29 tahun di kerajaan Franks yang sudah jadi kerajaan terkuat di Eropah.

Pada saat penobatan Charles, Kerjaan Frank terdiri dari Perancis, Belgia, Swiss dan negeri Belanda dan Jerman.Pada tahun 774 Lombard sepenuhnya ditaklukan. Dan yang lebih penting adalah penaklukan Charlemagne atas Saxony, suatu daerah luas di Jerman. Satu hal yang perlu dicatat adalah bahwa orang-orang Saxony adalah pagan (Tak Beragama) dan Charlemagne memaksa mereka untuk beragama.

Serentetan penyerbuan dilakukan oleh Charlemagne yaitu ke daerah selatan Jerman dan barat daya Perancis.  Menaklukan bangsa Avar yang berdarah Asia. Honggaria dan Yugoslavia. Dan hingga Croatia. Tahun 778 pelakukan penyerbuan ke Spanyol tetapi tidak berhasil hanya bisa mendirikan daerah kekuasaan di Spanyol bagian utara yang terkenal dengan sebutan “Spanish March”.  Charlemagne berhasil menyatukan hampir seluruh Eropa Barat.

Puncaknya tahun 800, Paus Leo III mengenakan mahkota di atas kepala Charlemagne dan mengumumkan bahwa dia adalah Kaisar Romawi yang sudah hancur tiga abad sebelumnya sehingga Charlemagne merupakan pengganti Augustus Caesar.

Charlemagne meninggal dunia di Aachen pada tahun 814.

No comments:

Post a Comment