Tuesday, December 25, 2012

GEORGE WASHINGTON 1732-1799























GEORGE WASHINGTON 1732-1799
(Presiden Pertama Amerika Serikat)


George Washington lahir pada tahun 1732 di Wakefield, Virginia, anak petani berada. Pada tahun 1753 sampai tahun 1758 masuk dinas tentara. Aktif dalam peperangan tentara Perancis melawan Indian. Kembali ke Virginia tahun 1758 dan pensiun. Tak lama kemudian menikah dengan Martha Dandridge Custis janda kaya beranak dua. George sendiri tidak punya anak.

Selama 15 tahun setelah itu, George Washington mengelola perkebunannya dengan pengelolaan yang rapi. Tahun 1774 terpilih menjadi wakil Virginia menghadiri kongres Kontinental Pertama, dia merupakan orang terkaya di koloni Amerika. Bulan Juni tahun 1775 dalam Kongres Kontinental ke II dia terpilih jadi panglima tentara seluruh kontinental.

Dalam perjalanannya menuju jabatan Presiden Amerika Serikat terletak pada tiga hal kunci:

 Pertama, dia merupakan pimpinan militer yang berhasil dalam peperangan kemerdekaan Amerika.

Kedua, dia menjadi ketua konvensi. Kendati ide-ide Washington tidaklah memainkan peranan menentukan dalam penyusunan konstitusi Amerika, tetapi dorongannya, nama baiknya, menentukan sekali tatkala pengesahahnya.

Ketiga,  Washington dengan teguh memelihara Republik dari perpecahan tanpa diiringi ambisi terus-terusan berkuasa. Dia tidak sudi jadi Raja maupun Diktator. Dialah orang yang menanamkan kaidah perlunya perpindahan kekuasaan dari satu tangan ke tangan yang lain lewat cara damai.

George Washington merupakan presiden pertama Republik Amerika Serikat. Bulan Desember 1799 menghembuskan nafas terakhir di Mount Vernon, Virginia.

No comments:

Post a Comment