Thursday, December 6, 2012

CHARLES DARWIN 1809-1882























CHARLES DARWIN 1809-1882
(Penemu Teori Evolusi Organik)

Charles Darwin lahir pada tanggal 12 Februari 1809 di Shrewsbury, Inggris. Pada usia 16 tahun masuk Universitas Edinburg belajar tentang kedokteran,tetapi belajar kedokteran dan anatomi membuat dia jemu sehingga akhirnya pindah ke Cambridge belajar unsur administrasi perkantoran. Tetapi sama saja dia tidak tertarik.

Pada tahun 1831 Darwin berangkat berlayar di atas kapal H.M.S Beagle atas dorongan mahagurunya supaya ikut pelayaran tersebut sebagai seorang penulis naturalis pada usia 20 tahun. Menyusuri pantai Amerika, menyelidiki kepulauan Galapagos, merambah pulau-pulau di Pacifik, Samudra Indonesia danselatan Samudra Atlantik. Dalam perjalanan Darwin menyaksikan keajaiban-keajaiban alam, mengunjungi suku-suku primitif, menemukan fosil-fosil,meneliti macam-macam tumbuhan dan binatang.

Darwin kembali ke negerinya tahun 1836 dan 20 tahun kemudian dia menerbitkan buku-buku yang menjadikan dia sebagai seorang biolog kenamaan di Inggris.

Salah satu buku Darwin yang menimbulkan kegemparan adalah “The Origin of Species by Means of Natural Selection” atau “The Preservation of Favoured Races in the Strugle for Life” pada tahun1859. Dan di tahun 1871 menerbitkan buku “The Descent of Man and Selection in Relation to Sex”. Buku ini mengedepankan gagasan bahwa manusia berasal dari mahluk sejenis monyet.

Perlu di catat bahwa teori Darwin dirumuskan tanpa sandaran teori genetik apapun karena dia tidk tahu mengenai pengetahuan tersebut.  Darwin meninggal pada tahun 1882 pada saat sebagian besar ilmuwan menyetujui dasar-dasar kebenaran teori Darwin setelah perdebatan pada saat itu.


No comments:

Post a Comment