Wednesday, December 12, 2012

EDWARD JENNER 1749-1823























EDWARD JENNER 1749-1823
(Penemu Teknik Vaksinasi )

Jenner lahir tahun 1749 di kota Berkeley di Cloucestershire, Inggris.  Usia 12 tahun sudah magang jadi ahli bedah, belajar anatomi dan bekerja di rumah sakit. Tahun 1792 memperoleh ijazah dokter dari Universitas St. Andrew. Dan di usai pertengahan 40 tahun sudah menjadi dokter yang berbobot dan ahhli bedah di Goncestershire.

Berawal dari kepercayaan yang dianut para petani dan wanita pemerah susu apabila mereka beranggapan apabila orang yang terhinggap penyakit “cacar sapi” semacam penyakit ternak ringan yang bisa menular kepada manusia, tidak akan pernah tertimpa penyakit cacar. Jenner yakin bahwa anggapan petani tersebut mengandung kebenaran, maka dia memutuskan melakukan percobaan. Pada bulan Mei 1796 Jenner menyuntik James Phipps, bocah 8 tahun, dengan sesuatu yang diambil dari bintik penyakit “cacar sapi” yang ada di tangan seorang pemerah susu. Pertama-tama bocah tersebut terserang cacar tetapi segera sembuh. Beberapa minggu kemudian, Jenner kembali menyuntikan serum cacar ke bocah tersebut, tetapi setelahnya tidak ada tanda-tanda bocah itu terserang kembali cacar.

Dari penyelidikan tersebut, Jenner memperkenalkan hasil-hasil usahanya lewat sebuah buku berjudul “ An Inquiry into the Cause and Effect of the Variolae Vaccinae” diterbitkan tahun 1798. Sehingga lewat buku itu, teknik Vaksinasi diterima secara umum dan berkembang luas di Inggris, Dan hal yang diharuskan di kalangan Angkatan Darat dan Angkatan Laut. Dan kemudian berkembang pula di negeri-negeri dunia.

Jenner mempersmbahkan hasil karyanya tanpa pamrih dan tidak berusaha memperoleh keuntungan dari nya. Tetapi, tahun 1802 parlemen Inggris memberikan penghargaan dan memberi hadiah uang sejumlah 20.000 pound. Jenner menikah dan mempunyai 3 orang anak. Meninggal dunia di awal tahun 1823 di rumahnya di kota Berkeley.

No comments:

Post a Comment