Monday, December 10, 2012

CYRUS YANG AGUNG 590 SM-529 SM























CYRUS YANG AGUNG + 590 SM -529 SM
(Pendiri Kekaisaran Persia)

Cyrus (nama Persianya –Kurush) dilahirkan sekitar tahun 590 SM di propinsi Persis (sekarang Fars), barat daya Iran, merupakan propinsi Kerajaan Medes. Cyrus berasal dari keturunan penguasa lokal yang merupakan bawahan Raja Medes.

Menurut dongeng, Cyrus adalah cucu Astyages Raja Medes. Sebelum Cyrus lahir Astyages mimpi bahwa cucunya suatu saat akan menjatuhkannya dari tahta kerajaan maka dari itu beliau memerintahkan supaya semua bayi yang lahir dibunuh sampai habis. Tetapi pejabat yang dipercaya tidak tega dan memerintahkan orang lain yaitu penggembala dan istrinya supaya membunuh bayi. Tetapi juga mereka tidak tega dan malah memelihara bayi tersebut hingga dewasa. Akhirnya terbukti memang bayi tersebut betul-betul menumbangkan raja dari tahtanya.

Pada masa penguasaannya Cyrus, dia mampu menghalau tiga kerajaan besar yaitu Kerajaan Medes, Kerajaan Lydian dan Kerajaan Babilon dan menyatukan hampir seluruh daerah Timur Tengah lama menjadi satu negara yang membentang mulai dari India hingga Laut Tengah.

Cyrus adalah seorang pemimpin yang punya kebolehan bidang militer. Tetapi yang lebih menonjol adalah kebijaksanaan dalam memerintah. Dia terkenal amat toleran serta menjauhkan diri dari sifat kejam dan ganas. Begitu baiknya Cyrus telah menjalankan tugasnya sehingga sesudah matinya pun Kekaisaran Persia meneruskan perluasan daerah kekuasaan hingga 200 tahun sampai di taklukan oleh Alexander Yang Agung.

Cyrus digantikan oleh putranya Cambyses II yang mengalahkan Massagate dalam pertempuran, danpada pertempuran tersebut, Cambyses II menemukan mayat ayahnya Cyrus Yang Agung dan menguburnya kembali di Pasargadae, ibukota Persia kuno.


No comments:

Post a Comment