Saturday, December 1, 2012

AUGUSTUS CAESAR 63 SM-14 SM























AUGUSTUS CAESAR 63 SM-14 SM
(Pendiri Empirium Romawi)

Gaius Octavius dilahirkan tahun 63 SM adalah cucu kemenakan Yulius Caesar tokoh politik Romawi. Yulius Caesar tidak mempunyai anak sehingga dia sangat sayang kepada Octavius. Pada saat Yulius Caesar terbunuh tahun 44 SM, Octavian baru berusia 11 tahun.

Walaupun masih muda, kematian Yulius Caesar yang menimbulkan pergulatan politik para pemuka politik dan militer untuk menduduki kekuasaan, Octavius yang dianggap enteng ternyata mampu merebut kekuasaan di bantu oleh Mark Anthony yang ditunjuk sebagai pendukung utama.  Dan daerah-daerah yang dikuasai dibagi dua, Octavius menguasai bagian barat dan Mark Anthony bagian timur. Octavius(Octavian) dangan tekun mengurus dan memperkuat pemerintahan sedangkan Mark Anthony malas-malasan karena dia sedang tergila-gila pada Cleopatra sehingga hubungan Octavius dengan Mark Anthony kurang baik. Dan puncaknya pecah perang antara Octavius dengan Mark Anthony pada tahun 32 SM. Dan pada tahun 31 SM peperangan dimenangkan olah Octavius di Actium. Mark Anthony dan Cleopatra bunuh diri.

Pada tahun 27 SM, Octavius mengumumkan bahwa dia ingin membangun kembali sistem pemerintahan republik dan bersedia melepaskan jabatan yang di pegangnya. Tetapi kenyataanya dia tetap bertahan sebagai penguasa propinsi Spanyol, Gaul, Suriah. Senat dalam pemungutan suara menetapkan Octavius dengan gelar Augustus, tetapi dia tidak menganggap dirinya seorang raja.

Pada tahun 14 SM Augustus Caesar (Gaius Octavius) wafat, Romawi sudah sepenuhnya melampaui masa transisi dari bentuk Republik ke bentuk kerajaan dan anak pungut Augustus menggantikannya.

Augustus adalah seorang yang berkemampuan dan murah hati dalam sejarah. Seorang negarawan, pendekatannya yang bijak berhasil menutup celah-celah perpecahan yang ditimbulkan oleh perang saudara.

No comments:

Post a Comment