Saturday, December 8, 2012

CHRISTOPHER COLUMBUS 1451-1506























CHRISTOPHER COLUMBUS 1451-1506
(Tokoh Yang Menemukan Benua Amerika)

Christopher Columbus lahir di Genoa, Italia di tahun 1451. Pada usia dewasa menjadi nahkoda kapal dan seorang navigator yang cekatan.  Columbus berpikir bahwa bukan mustahil menemukan jalan yang lebih praktis ke daerah Asia yang letaknya di Timur dengan cara berlayar ke arah Barat melintasi Samudra Atlantik. Columbus membujuk Ratu Isabella I untuk menyediakan anggaran untuk ekspedisinya itu.

Kapalnya pertama berlayar dari pelabuhan Spanyol pada tanggal 3 Agustus 1492. Melabuh pertama di Kepulauan Canary di lepas pantai Afrika dan tanggal 6 September 1492 berlayar ke arah Barat. Dan dalam upaya pencarian jalan dari Eropa ke timur, tak sengaja menemui benua Amerika yang membuatnya lebih berpengaruh dalam sejarah dunia. Penemuannya ini merupakan awal dari explorasi dan kolonisasi Dunia Baru, membuka pintu bagi bangsa Eropa untuk pemukiman baru, menyebar penduduk dan menyediakan sumber kekayaan mineral dan isi bumi. Akan tetapi pada saat bersamaan, penemuannya ini juga merupakan awal kehancuran bangsa Indian.

Columbus kembali ke Spanyol bulan Maret dan setelah itu melakukan lagi serentetan pelayaran melintasi Samudra Atlantic dengan harapan menjejakan kaki di Cina dan Jepang. Tetapi sia-sia.

RatuIsabella menjanjikan Columbus dengan jabatan gubernur di pulau manapun yang dia temui. Tetapi selaku administrator Columbus tidak ada kemampuan sehingga dia di pecat dari jabatanya dan dikirim pulang ke Spanyol dan kabarnya Columbus  meninggal dalam kemiskinan di tahun 1506..

No comments:

Post a Comment