Wednesday, December 26, 2012

GREGOR MENDEL 1822-1884























GREGOR MENDEL 1822-1884
(Penemu Hukum Dasar Ilmu Genetika “Hukum Mendel”)

Mendel di lahirkan tahun 1822 di kota Heinzendorf di daerah daulat kerajaan Austria. Yang kini bagian wilayah Cekosiowakia. Tahun 1843 masuk biara Augustinian di kota Brunn, Austria. Manjadi pendeta tahun 1847.

Mulai tahun 1856 berkecimpung di bidang pembiakan tumbuh-tumbuhan. Menjelang tahun 1865 dia sudah menemukan hukum keturunan (genetika) yang kesohor dan mempersembahkan kertas kerjanya di depan perkumpulan peminat sejarah alam kota Brunn. Tahun 1866 hasil penyelidikannya diterbitkan oleh majalah Transaction dengan judaul “Experiment with Plant Hybrids”.  Bersamaan di tahun tersebut, Mendal ditunjuk jadi kepala di biaranya sehingga dia sibuk dan tidak dapat melanjutkan penyelidikannya dan hasil kerjanya dilupakan orang. Ketika dia meninggal tahun 1844 dalam usia 60 tahun, penyelidikannya tidak memperoleh pengakuan apapun.

Jerih payah Mendel baru ditemukan lagi pada tahun 1900 oleh tiga ilmuwan dari tiga bangsa yang berbeda yaitu Hugo de Vries dari Negeri Belanda, Carl Correns dari Jerman dan Erich von Tschermak dari Austria. Selain tiga ilmuwan itu, ada juga ilmuwan lain yang menemukan hasil kerja Mendel yaitu William Bateson dari Inggris. Dan hasil kerja Mendel terkenal dengan nama “ Hukum Mendel” bahwa semua organisme hidup terdapat unit dasar yang kini disebut gene (Gen).

No comments:

Post a Comment