Sunday, December 9, 2012

CONSTANTINE YANG AGUNG 250-337























CONSTANTINE YANG AGUNG  + 250-337
(Kaisar Romawi tokoh poros sejarah Eropa)

Constantine dilahirkan tahun 250 di kota Naissus (sekarang dikenal dengan Nis). Menghabiskan masa mudanya di Nicomedia, tempat pengadilan Kaisar Diocleatin berada.  Ayahnya seorang perwira tinggi yaitu Constantius.

Tahun 305, Diocleatin naik tahta dan ayah constantine yaitu Constantius menjadi penguasa di sebelah barat Kekaisaran Romawi. Tatkala Constantius meninggal, Constantine diangkat menjadi kaisar oleh para prajuritnya. Tetapi jenderal-jenderal lain saling berselisih mengenai penobatan ini. Dan peperangan timbul sampai tahun 312 dan Constatine dikalahkan oleh Maxentius dalam suatu pertemturan di jembatan Milvian dekat kota Roma.

Pada masa pemerintahan Constantine yang pada saat itu dia masuk Agama Nasrani, dia mengambil langkah-langkah membuat Undang-Undang Milan yang membuat Agama Nasrani sebagai agama yang sah dan agama yang ditolerir. Tetapi juga merupakan awal bermulanya penindasan terhadap orang-orang Yahudi yang terus berlangsung di Eropa yang Kristen di abad-abad mendatang.

Beberapa tindakan Constantineyang manjadi perana penting dalam sejarah yaitu memugar dan memperluas kota Byzantium dan diganti nama dengan Constantinople ( sekarang Istambul) merupakan kota terbesar dunia dan tetap jadi ibukota Kekaisaran Romawi Timur sampai tahun 1453.

Ada catatan mengenai sifat Constantine, dia bersifat kejam dan beringas oleh sebab itu tanpa sebab yang jelas dia menghukum istri dan anak lelakinya pada tahun 326.

No comments:

Post a Comment