Monday, December 24, 2012

GALILEO GALILEI 1564-1642























GALILEO GALILEI 1564-1642
(Ilmuwan Italia Peletak Dasar-dasar Metode  Ilmu Pengetahuan Modern)

Galileo lahir di Pisa, Italia tahun 1564. Belajar di Universitas Pisa. Tahun 1589 mampu dapat posisi pengajar di Universitas tersebut sebelum kemudian bergabung dengan Universitas Padua dan menetap hingga tahun 1610 dimana masa inilah dia menciptakan penemuan-penemuan ilmiah.

Penemuan pertama yaitu berkesimpulan bahwa benda berat mauapun ringan apabila jatuh akan memiliki kecepatan yang sama kecuali sampai batas mereka berkurang kecepatannya akibat gesekan dengan udara. Kesimpulan ini mematahkan teori Aristoteles yang mengatakan benda yang lebih berat akan jatuh lebih cepat daripada benda ringan.

Penemuan lainnya yaitu mengenai Hukum Kelembaman. Kemudian juga penemuan di bidang Astronomi  dimana dia menyatakan kepercayaanya tentang teori Copernicus tentang matahari-sentris bukan bumi-sentris.

Tahun 1609, Galileo mendengar kabar bahwa teleskop telah diketemukan orang di Negeri Belanda. Dan dengan kejeniusannya, Galileo bisa membuat Teleskop sendiri. Dengan teleskop itudia pun membikin serentetan penemuan besar. Dia menemukan Bulan tidaklah rata serta licin melainkan benjol-benjol penuh kawah dan gunung-gunung. Bima Sakti bukanlah semacam kabut, melainkan terdiri dari sejumlah besar bintang-bintang. Menemukan planet Saturnus bagaikan dilingkari gelang. Kemudian nampak di Planet Yupiter terdapat empat buah bulan berotasi.

Ada catatan, karena Galileo mendukung teori Copernicus, sehingga harus berhadapan dengan kalangan gereja yang menentang hipotesa Copernicus. Baru tahun 1623, setelah Paus meninggal, dan digantikan dengan orang yang mengagumi Galileo.

Enam tahun berikutnya, Galileo menyusun karya ilmiah “Dialog Tentang Dua Sistem Penting Dunia” yaitu tentang dukungannya terhadap teori Copernicus diterbitkan tahun 1632 dengan ijin sensor khusus gereja. Tetapi banyak juga pihak gereja berang dan menyeret Galileo ke Pengadilan Agama di Roma. Galileo meninggal tahun 1642.

No comments:

Post a Comment