Monday, November 19, 2012

ADAM SMITH 1973-1790






ADAM SMITH 1723-1790
(Tokoh Teori Pembangunan Ekonomi)
   

Adam Smith, lahir di kota Kirkcaldy, Scotlandia pada tahun 1723 kuliah di Universitas Oxford. Dari tahun 1751 sampai dengan 1764 menjadi mahaguru di Universitas Glasgow.
Buku pertama yang dia terbitkan adalah Theory of Moral Sentiment menjadikan dirinya sebagai intelektual di tengah masyarakat pada saat itu. Dan puncak kemasyhurannya untuk buku karya besarnya An Inquiry Into the Nature and Cause of the Wealth of Nation diterbitkan pada tahun 1776.
Adam Smith orang yang pertama mempersembahkan teori ekonomi yang sistematik dan mudah dicerna . Smith menekankan  arti pokok yang paling penting adalah tenaga kerja bahwa peningkatan produksi dapat dicapai lewat pembagian kerja dan menentang angapan lama yang menekankan arti penting  negara punya persediaan batangan emas dalam jumlah besar dan tanah adalah sumber utama dari nilai.
Buku the Wealth Of Nations mempunyai ide sentral bahwa pasar bebas yang bergerak menurut mekanisme pasar secara otomatis. Dalam buku ini Smith sebagian menggunakan pandangan-pandangan Malthus tentang kelebihan penduduk. Menegaskan bahwa kondisi kenaikan produksi bahwa upah juga dapat dinaikan.
Adam Smith meninggal di Kirkcaldy tahun 1790. Tidak pernah menikah sehingga tidak ada keturunan.

No comments:

Post a Comment