Saturday, November 24, 2012

ANTOINE HENRI BECQUEREL 1852-1908


















ANTOINE HENRI BECQUEREL 1852-1908
(Tokoh Penemu Radio Aktivitas)

Antoine Henri Becquerel lahir di Paris tahun 1852. Prestasi pendidikannya sangat baik dapat gelar doktor tahun 1888. Pada tahun 1892 menjadi guru besar fisika praktis di Museum Sejarah Alam (Musee d’Histoire Naturelle) di Paris. Di tahun 1895, Becquerel jadi guru besar fisika di perguruan tinggi politeknik (Ecole Polytechnique) di Paris.

Bersumber dari penemuan sinar X oleh Wilhelm Rontgen, Becquerel berpikir apakah sinar X tidak bisa diproduksi dengan kegiatan sinar matahari biasa di atas substansi non-metal. Becqueel memiliki krisatal “Potasium Uranium Sulfate” di laboratoriumnya. Dan melakukan percobaan dan dia mulanya merasa yakin telah menemukan sumber sinar X baru. Tetapi kemudian dia sadar telah menemukan yang lain dan dia sementara menamakan “Sinar Becquerel “. Dia menemukan bahwa uranium bersifat radioaktif dan bukan tergantung dari bentuk kimiawi uranium melainkan dari atom uranium itu sendiri. Tahun 1896, Becquerel  menerbitkan beberapa kertas kerja ilmiah tentang fenomena yang ditemukannya. Diantara para ilmuwan yang membaca kertas kerjanya tertarik dan melakukan penyelidikan tambahan adalah Marie Curie menemukan bahwa unsur “Thorium” juga mengandung radioaktif. Kemudian bekerja sama dengan suaminya, Pierre, menemukan  “Polonium” dan “Radium” juga mengandung radioaktif. Mereka yang pertama kali menggunakan istilah “Radio Aktivitas” untuk menjelaskan fenomena tersebut.

Ilmuwan lain, termasuk Ernest Rutherford dan Frederick Soddy juga melakukan penyelidikan menemukan bahwa sinar Bequerel mengandung tiga jenis radiasi yaitu “sinar alpa”, “sinar beta” dan “sinar gamma”.

Tahun 1903 Becquerel dapat Hadian Nobel untuk fisika bersama-sama Pierre dan Marie Currie. Becquerel meninggal di tahun 1908 di kota Le Croisic, Perancis.

No comments:

Post a Comment