Tuesday, November 20, 2012

ALBERT EINSTEIN 1879-1955



ALBERT EINSTEIN 1879-1955
(Ilmuwan abad ke-20 penemu teory Relativitas)

Pada abad ke-20 seorang ilmuwan hebat bernama Albert Einstein merupakan cendikiawan yang tidak ada tandingannyasepanjang jaman.  Dia yang menemukan teory Relativitas yang sebenarnya teory ini merupakan dua teory yang berhubungan yaitu teory khusus “relativitas” yang dirumuskan pada tahun 1905 dan teory umum “relativitas” yang dirumuskan pada tahun 1915, yang dikenal dengan hukum gaya berat Einstein.
Salah satu kesimpulan dari teory “relativitas” Einstein adalah benda dan energy berada dalam arti yang berimbangan dan hibungan antara keduanya dirumuskan sebagai  E = mc2 . E menunjukan energi dan m menunjukan massa benda, sedangkan c merupakan kecepatan cahaya. Sehingga apabila c pangkat 2 maka kecepatan cahaya 180.000 kilometer per detik pangakat dua menghasilkan jumlah energi yang luar biasa besarnya. Salah satu akibatnya adalah bom atom yang menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki. Berawal dari surat yang di kirim Einstein kepada Presiden Roosevelt di tahun 1939 memberitahukan bahwa terbukanya kemungkinan membuat senjata atom  dan menekankan arti penting bagi Amerika Serikat membuat senjata tersebut sebelum didahului Jerman. Gagasan ini kemudian mewujudkan “Proyek Manhattan” yang akhirnya bisa menciptakan bom atom pertama.
“Teory relativitas umum” Einstein merupakan titik tolak pikiran lain bahwa pengaruh gaya berat bbukanlah lantaran kekuatan fisik dalam makna yang biasa, melainkan akibat dari bentuk lengkung angkasa luar. Teroy umum tentang relativitas berdiri terpisah dalam beberapa hal dengan semua hukum-hukum ilmiah.  Einstein merumuskan teorinya tidak atas dasar percobaan-percobaan, melainkan atas dasar-dasar kehalusan simetri dan matematik.
Einstein lahir tahun 1879 di kota Ulm, Jerman. Dia memasuki perguruan tinggi di Swiss dan menjadi warga negara Swiss tahun 1900. Di tahun 1905 dia mendapat gelar Doktor dari Universitas Zurich tetapi tidak bisa meraih posisi akademis pada saat itu. Di tahun itu pula dia menerbitkan kertas kerja perihal “relativitas khusus”, perihal efek foto elektrik dan tentang teori  gerak Brown. Pada tahun 1913 dia diangkat sebagai mahaguru di Universitas Berlin dan pada saat yang sama menjadi Direktur Lembaga Fisika “Kaisar Wilhem” serta menajdi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Prusia. Dan pada tahun 1921 Einstein berhasil merumuskan “teori umum relativitas” dan mendapa hadiah Nobel.
Karena Einstein seorang Yahudi, kehidupannya di Jerman menjadi tak aman saat Hitler berkuasa. Pada tahun 1933 dia hijrah ke Princeton New Jersey, Amerika Serikat dan bekerja di Lembaga Studi Lanjutan Tinggi dan pada tahun 1940 menjadi warga negara Amerika Serikat. Perkawinan pertama Einstein gagal dan perkawinan yang kedua di karuniai dua anak laki-laki. Einstein meninggal dunia di tahun 1955 di Princeton.
Einstein senantiasa tertarik pada ihwal kemanusiaan dunia di sekitarnya dan sering mengemukakan pandangan-pandangan politiknya. Dia merupakan pelawan teguh terhadap sistem politik tirani, seorang pendukung gigih gerakan Pacifis, dan seorang penyokong teguh Zionisme. Dalam hal berpakaian dan kebiasaan-kebiasaan sosial dia tampak seorang yang individualistis. Suka humor, sederhana dan ada bakat gesek biola. Tulisan pada nisan makam Newton yang berbunyi: "Bersukarialah para arwah karena hiasan yang ditinggalkannya bagi kemanusiaan!" sebetulnya lebih kena untuk Einstein.

No comments:

Post a Comment