Tuesday, November 27, 2012

ARISTOTELES 384 SM- 322 SM



















ARISTOTELES 384 SM-322SM
(Filosof dan Ilmuwan)

Aristoteles dilahirkan di kota Stagira, Macedonia, 384 SM. Ayahnya seorang ahli fisika kenamaan. Pada usia 17 tahun dia pergi ke Athena untuk belajar di Akademi Plato, mempelajari bidang biologi dan “pengetahuan praktis”. Di bawah asuhan Plato menanamkan minatnya dalam hal spekulasi filosofis.

Pada tahun 342 SM Aristoteles pulang kembali ke Macedonia, menjadi guru seorang anak raja yang berusia 13 tahun yaitu Alexander Yang Agung. Setelah Alexander naik tahta, Aristoteles kembali ke Athena dan membuka sekolahnya sendiri  yaitu Lyceum.  Hasil karya Aristoteles sangat banyak. Empat puluh tujuh karyanya masih bertahan. Daftar kuno mencatat tidak kurang dari seratus tujuh puluh buku hasil ciptaanya. Aristoteles menulis tentang Astronomi, Zoologi, Embryologi, Geografi, Geologi, Fisika, Anatomi, Physiologi dan hampir karyanya dikenal di masa Yunani purba.

Selain itu Aristoteles adalah seorang filosof spekulatif dan penyumbang utama dalam tiap bidang penting falsafah spekulatif, menulis tentang Etika dan Metafisika, Psikologi, Ekonomi, Teologi, Politik, Retorika, Keindahan, Pendidikan, Puisi, Adat istiadat orang terbelakang dan konstitusi Athena.
Hubungannya dengan Alexander, Aristoteles menolak secara prinsipil cara kediktatoran Alexander tatkala Alexander menghukum mati sepupu Aristoteles dengan tuduhan menghianat, Alexander pun punya pikiran untuk membunuh Aristoteles walaupun Aristoteles adalah gurunya. Di mataAlexander, Aristoteles terlalu demokratis.

Pada saat Alexander mati, tahun 323 SM, golongan anti-Macedonia memegang tampuk kekuasaan di Athena dan Aristoteles pun didakwa kurang ajar kepada dewa. Aristoteles lari meninggalkan kota. Dan meninggal di pembuangan di tahun 322 SM pada usia 60 tahun.

No comments:

Post a Comment