Wednesday, November 21, 2012

ALEXANDER FLEMING 1881-1955



ALEXANDER FLEMING 1881-1955

         (Tokoh Penemu Pinicilin)

Alexander Fleming, lahir tahun 1881 di Lochfield, Scotlandia. Sekolah di kedokteran Rumah Sakit St. Mary di London dan setelah lulus dia melibatkan diri dalam  bidang penyelidikan imunitas. Pada Perang Dunia ke-1 sebagai dokter, dia mempelajari tentang infeksi pada luka dan dia menemukan kenyataan bahwa banyaknya antiseptik yang merusak sel badan daripada membunuh kuman.

Seusai perang, Fleming kembali ke rumah sakit St. Mary. Dan pada tahun 1922, Fleming menemukan sesuatu yang di sebut Lysozyme. Lysozyme ini di produksi oleh tubuh manusia, yang mempunyai komponen baik lendir maupun titik cairan air mata yang tidak mengandung zat berbahaya bagi sel tubuh manusia. Komponen ini bisa melumpuhkan kuman tetapi sayangnya tidak efektif pada kuman khusus yang berbahaya bagi manusia.

Pada tahun 1928, Fleming berhasil membiakan bakteri “staphylococcus” dengan cara pembusukan bakteri tersebut. Dari pembusukan tersebut didapat suatu substansi yang beracun bagi bakteri itu sendiri dan itu terjadi juga bagi pelbagai jenis bakteri. Substansi tersebut diberi nama Penicilin (penicilin notanum) dan merupakan substansi yang baik bagi manusia maupun hewan.

Hasil penemuan ini disiarkan pada tahun 1929, tetapi tidak mendapat perhatian danmemang Fleming belum dapat mengembangkannya untuk memurnikan penicilin tersebut. Baru pada akhir tahun 1930-an, dua penyelidik bidang kedokteran Inggris, Howard Walter Florey dan Ernst Boris Chain menemukan tulisan Fleming. Mereka berhasil memurnikan penicilin dan mencobe substansi tersebut pada hewan. Tahun 1941 mereka mencoba penicilin pada manusia yang menderita sakit dan hasilnya menakjubkan.

Atas dorongan pemerintah Inggris dan Amerika, Penicilin mulai diproduksi dalam jumlah besar. Mulanya penicilin disediakan untuk penggunaan para korban perang sehingga pada tahun 1944 baru di gunakan pada masyarakat. Dan pada tahun 1945, penicilin sudah digunakan di seluruh dunia. Keunggulan penicilin dibanding antibiotik adalah penicilin efektif untuk melawan berbagai macam mikro organisme yang berbahaya. Berguna untuk penyembuhan sipilis, gonorrhea, diphteria juga arthiritis, bronchitis, scarlet, lever, gangrene dan banyak lagi. Dan aman dipakai.

Fleming menikah dan hidup bahagia dengan satu anak. Tahun 1945 dia meraih hadiah Nobel untuk jasa penemuannya dan membagi hadiah itu kepada Florey dan Chain. Meninggal pada tahun 1955.

No comments:

Post a Comment