Thursday, November 29, 2012

ASOKA 300 SM-232 SM




 ASOKA 300 SM-232 SM
(Raja Terpenting India Penguasa Ketiga Dinasti Maurya)

Tahun kapan persisnya kelahiran Asoka tidak diketahui, kira-kira tahun 300 SM dan dia naik tahta sekitar tahun 273 SM. Asoka adalah penguasa ketiga dinasti Maurya dan cucu dari pendiri dinsati tersebut yaitu Chandragupta Maurya yang menaklukan hampir seluruah bagian India Utara.

Asoka pada awalnya mengikuti  jejak sang kakek buyutnya yaitu berusaha meluaskan daerah kekuasaan lewat aksi militer. Pada tahun ke -8 menaklukan Kalinga, negara di pantai timur India. Akan tetapi pada akhirnya Asoka menyadari betapa dahsyatnya akibat dari peperangan yang dia lakukan dan harus membayar mahal kemenangan dari peperangan tersebut. Ratusan ribu orang terbunuh dan terluka. Sehingga Asoka memutusakn untuk menghentikan gerakan militer untuk menaklukan India, menjauhkan diri dari perbuatan yang agresif, dia memeluk agama Budha dan menjalankan filosofinya yaitu nilai-nilai “dharma”  yang mengandung ajaran kebenaran, kebajikan dan ketidakagresifan.

Asoka menjadi vegetarian dan berhenti berburu. Mendirikan rumah-rumah sakit, tempat-tempat ibadah, mengeluarkan aturan-aturan yang meringankan penduduk dan memajukan perairan. Membentuk pejabat khusus yang disebut “pejabat dharma” yang bertugas menyuruh rakyat supaya beribadat kepada Tuhan.

Asoka memerintahkan untuk mencatat kehidupan dan langkah kebijaksanaan yang ditulis di tiang-tiang atau batu-batu karang tersebar diseluruh negeri. Asoka adalah seorang yang bertanggung jawab atas berkembangnya Agama Budha menjadi agama besar dunia.


No comments:

Post a Comment