Tuesday, November 20, 2012

ADOLF HITLER 1889-1945













ADOLF HITLER 1889-1945
(Tokoh NAZI Partai Buruh Nasionalis Jerman)

Adolf Hitler lahir tahun 1889 di Braunau, Austria. Pada masa Perang Dunia ke-I masuk Angkatan Bersenjata Jerman. Dan pada tahun 1919 di usianya yang ke-30 tahun bergabung dengan partai kecil berhaluan kanan di Munich Jerman yaitu Partai Buruh Nasionalis Jerman (NAZI). Masa dua tahun Hitler jadi pemimpin partai dengan julukan “Fuehrer”.

Di bawah kepemimpinan Hitler, partai NAZI menjadi kekuatan yang besar dan melakukan kup di tahun 1923 dengan sebutan “The Munich Beer Hall Putsch” tetapi gagal dan Hitler di tangkap dan di penjara. Kurang dari setahun dia dibebaskan.

Tahun 1933 Hitler menjadi Kanselir Jerman di usianya yang ke-40 tahun. Hitler membentuk kepemimpinan yang diktator menyingkirkan saingani-saingan politiknya dengan kejam tetapi mendapat dukungan sebagian besar penduduk Jerman karena berhasil menekan jumlah pengangguran dan melakukan perbaikan-perbaikan ekonomi.

Hitler kemudian merencanakan penaklukan-penaklukan dan membentuk Angkatan Bersenjata Jerman walaupun dengan begitu telah melanggar Perjanjian Versailles. Menduduki benteng di Rhineland (1936), menguasai Austria (1938). Menguasai benteng pertahanan Cekoslowakia, Sudetenland.
Pada tahun 1939 Hitler juga menaklukan Polandia walaupun mendapat tentangan dari Inggris dan Perancis. Puncaknya pada tahun 1940, bulan April, Angkatan Bersenjatanya menaklukan Denmark dan Norwegia. Bulan Mei menyerang Negeri Belanda, Belgia dan Luxemburg. Bulan Juni, Perancia takluk. Dan pada bulan itu juga Jerman menyerang Inggris tetapi Inggris mati-matian bertahan dari serangan Jerman dan kejadian ini terkenal dengan nama “Battle Of Britain” dan Hitler tak pernah berhasil menginjakan kaki di bumi Inggris.

Pada April 1941 Jerman menaklukan Yunani dan Yugoslavia, melanggar “Perjanjian tidak saling menyerang” dengan Uni Soviet dan berhasil menguasai sebagian besar Rusia.Pada pertengahan tahun 1942 Jerman sudah menguasai sebagian besar Eropa, Afrika Utara.

Pada tahun 1942 juga akhirnya Jerman Hitler dapat dikalahkan pada pertempuran di El-Alamein di Mesir dan Stalingrad di Rusia. Akhirnya terjadi kemunduran Angkatan Bersenjata Jerman. Tetapi Hitler tidak mau menyerah. Hitler bunuh diri di Berlin tanggal 30 April 1945 dan tujuh hari setelah itu Jerman menyerah kalah.

No comments:

Post a Comment